Sate Komoh

Sate komoh adalah salah satu masakan khas Jawa Timur. Resep aslinya dari Suara Surabaya …

Bahan :
300 gr Daging Sapi lulur dalam
2 gelas Santan Kelapa kental  — saya pakai 1 gelas santan dan 1 gelas susu
50 cc Minyak Goreng
15 bh Tusuk sate

Bumbu:

1 sdt Garam
1 sdt Tumbar dan Jinten
5 btr Bawang merah
2 siung Bawang putih
1 ruas jari Laos, Jahe
5 bh Lombok merah — saya cuma pakai 4 soalnya ga kuat pedes ..
1 bt Serai
Daun Jeruk
Daun Salam
Gula secukupnya
Air Asem secukupnya

Cara membuatnya:

Daging dicuci bersih. lalu potong dadu ukuran kurang lebih 3x3cm.
Haluskan semua bumbu-bumbu, kecuali Sere, daun Salam, dan daun Jeruk.
Jerangkan minyak, panaskan, lalu tumis bumbu sampai harum.
Masukkan daging yang sudah dipotong-potong, ungkep sampai lunak tambahkan santan, rebus sampai kental.
Ambil sebagian kuahnya, saring dan rebus sampai kental (untuk saos).
Daging rebus sampai kering, tusuk dengan tusuk sate (5 potong daging untuk 1 tusuk sate).
Panggang sampai harum.
Hidangkan pada piring, kemudian siram dan tuangi dengan saos.

26 responses

  1. Oh aku melihatnya sudah membuat aku lapeeeerrrr sekali,sangat-sangat menggoda selera,walau aku bukan dari Jawa tapi aku yakin itu pasti enak sekali.

  2. waaa ngeces dot com…tau aja yg kupikirkan mba aku lagi kangen sate komoh sampe tadi tak bela2 in tlp teman di Malang. Insya Allah besok tak masak ini, suamiku semangat deh…

  3. to tira .. waduh sorry ra.. kalo soal basa jerman aku lebih ga ngerti deh .. nanya ida aja kali ya lebih jago basa jermannya ..hehe

  4. gluten itu yang dari kedelai bukan yak??.. maaf nih belum pernah nyobain… mungkin enak juga kali ya ..kan gluten itu sbg pengganti daging bagi vegetarian kan ya?

Leave a comment