Soto Ayam

Bahan :

Ayam 1 ekor atau 4 buah paha ayam utuh  (kalau saya, kulit dan lemaknya dibuang, kecuali kalau pakai ayam kampung)

Bawang merah 5 buah + Bawang bombay 1 buah

Bawang putih 3 siung

Kemiri 3 buah sangrai

Serai 2 buah keprak

Jahe 3 cm keprak

Salam 2 lembar

Daun jeruk 4 lembar

Merica

Kunyit 4 cm dipanggang atau dibakar sebentar

Garam

Ketumbar 1 sdt sangrai

Pelengkap

Kentang, dibuat keripik kentang

Soun

Bawang goreng

Seledri

Telur Rebus

Tauge rebus, bila suka

Sambal kemiri

Nasi atau lontong

Cara Membuat :

Rebus ayam. Sementara itu haluskan bawang merah, bawang putih, merica, kemiri, kunyit, ketumbar. Tumis bumbu halus bersama dengan daun salam, serai, dan irisan bawang bombay (atau bawang daun bisa juga). Masukkan tumisan bumbu ke dalam rebusan ayam. Beri garam dan merica secukupnya. Masukkan jahe dan daun jeruk utuh. Rebus dengan api kecil hingga ayam empuk dan bumbu meresap.

Hidangkan soto dg soun, keripik kentang, suwiran ayam goreng, irisan seledri, telur rebus, bawang goreng, potongan jeruk nipis, dan sambal kemiri.

Sambal kemiri :

cabe rawit 10 buah, bawang putih 2 buah, kemiri 3 buah, rebus bersamaan hingga layu, kemudian haluskan dan beri garam secukupnya. Diencerkan dengan sedikit kuah soto dan perasan jeruk nipis. 

8 responses

  1. duh…internet dirumah putus mbak, baru nih up lagi. aku durung melahirkan nih, kemarin cek sih udah bukaan 4cm, tp masih dirumah sih, ntar kalo ketubannya pecah trus langsung lari ke rumah sakit, hahaha…mohon doa nya ya mbak😉
    eh, pengen nggawe soto, adam udah beberapa kali pesen pengen soto indonesia katanya..huhuhu… sayang ora nduwe mie soun😦

  2. Aduh sedap nih anget2 sotonya… mana lg ujan2 gini… hihi..

    Kok perpisahan sih mbak? Belum kok😉 Besok acara penutupan thn ajaran 2007 aja kok. Jangan hiks ..dulu dong hihi.. Belum waktunya hehehe..

  3. Ikutan nyoto juga ahhh. Ha..ha, sempet tuh di liatan tetanggaku yg sebrang, biasane motret kembang koq saiki motret makanan…lagi pengen background hijauuuu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s