Tape Ketan Hitam

Resep dari Dapur Kita – Kompas  

Tape Ketan Hijau

Keperluan: 1 kg ketan putih, kurang lebih 600 cc air daun suji, 1 butir ragi untuk 1 kg.

Cara membuat: Ketan dicuci bersih, rendam kurang lebih dua jam, tiriskan lalu kukus kurang lebih setengah jam. Angkat, diamkan sejenak lalu aroni dengan air daun suji sampai rata. Diamkan lagi kira-kira satu jam, baru kukus sampai matang. Jika ketan hijau ini sudah dingin, taburkan ragi merata. Baiknya ragi diremas lalu diayak. Bakal tape ini ditaruh di panci atau mangkuk, lalu tutup rapat. Setelah dua malam tape sudah dapat dinikmati.

Tape Ketan Hitam

Keperluan: 1/2 kg ketan putih, 1/2 kg ketan hitam, kurang lebih 600 cc air,
1 butir ragi untuk 1 kg.

Cara membuat: 2 macam ketan dicampur, cuci bersih, rendam kurang lebih 2 jam, tiriskan lalu kukus kurang lebih setengah jam, pekerjaan seterusnya sama seperti resep Tape Ketan Hijau. Tape ketan hitam bisa dicampur dengan ketan putih supaya rasanya lebih lezat. Jika hanya memakai ketan hitam saja, tapenya kurang enak, agak kasar.

Sedikit modifikasi, karena saya nggak punya ketan putih, maka pakai ketan hitam semuanya ditambah kurang lebih 2 genggam beras biasa.

Bikinnya juga nggak dikukus, karena nggak punya kukusan … melainkan setelah ketan hitam direndam, kemudian diliwet dalam panci anti lengket dan setelah kira2 setengah matang baru beras putihnya dimasukkan (diliwet sekalian).

Cara ngeliwetnya seperti biasa, rebus ketan dengan air (ukuran air dari permukaan ketan kira2 3 ruas jari. Setelah mendidih aduk2 sesekali supaya bawahnya tidak gosong. Setelah air berkurang kira2 setengahnya masukkan beras putih. Lanjutkan merebus sambil sesekali diaduk2, hingga air terserap tapi jangan sampai kering ya… Matikan kompor.  Tutup panci selama beberapa saat hingga nasi ketan matang dengan sendirinya.

Setelah nasi ketan matang, baru didinginkan, dan ditaburi ragi seperti pada step atau langkah yg disebut di atas.

Pengalaman pribadi tape ketan sebaiknya ditaruh di wadah plastik transparan supaya kelihatan, setelah 2 malam air sudah agak banyak, tapi belum terasa manis … kemudian saya masukkan kulkas karena kuatir terjadi fermentasi lebih lanjut. Hari ke 3 baru terasa agak manis.

About these ads

54 responses

  1. mohon maaf nih kepada dapur kita,eeeee ……..saya pengin banget jadi bikin mie ayam baigaimana caranya yaaah……..kalau bisa minta langkah-langkahnya doooong cara bikin mie ayam ( resep mie ayam ) boleeeeh kan ? kalau bolehhh kirim ke email aku yahhhh ……. sebelumnya saya ucapin terima kasih kepada dapuuuur kita semoga dapur kita lebih maju lagiiiii amiiiin…

  2. Hello, Saya coba buat tape kok ndak pernah jadi ya mbak apanya yg kurang ya? aku dah ikuti resepnya. Tapi ndak pernah jadi. Tolong reply dong klu punya waktu.

    Thanks
    Diana

  3. Mbak … mau tanya kalau bikin brem cair dari ketan gimana ??? katanya seperti bikin tape ketan, terus diapain ???

    Thanks ya …

  4. Ak cb bkn ketan spt resep diatas. Trus ak tempatin di topples tupper n tertutup rapat.. Tp kok gagal ya.. Tau tuh errornya dimana?.. Ada saran gak mbak.? Thanks

  5. boleh nambah sarankah? tp blm tentu jg c,hehe. kalo raginya yg bentukx bulat. 1 butir ragi utk 1kg ketan. kalo utk masakx aq pake rice cooker. sblm dimasak ketan direndam 2jam,buang airx,tambahkan 600cc air,lalu masak. cara naruh ragix,2cm ketan+gula+ragi..Kmd ketan lg dst. Jd berlapis2 naruhx. Yg blm aq tau jml gulanya neh..

  6. kira kalo mau bikin tape ketan hitam tp masaknya tapenya gak pake di kukus di kompor tp langsung di masak di RICE COOKER gt bisa tidaknya……??????? soalnya kalo masak di kompor itu ribet sekali….hehehehe
    please…… di tunggu jawabannya y!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!11

  7. lebaran kaya gini bikin tape ketan apa yah,,,,,,,,,,,,,semua nya kaya nya pasti enak ttuh apa ya

    hmmmmmmmmmmmmmmm gimana nanti aja dechh,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s