Ekado

 

 

Resep asli dari Dapur Bunda.. tapi enggak pakai telur puyuh … adonan saya tambah dg wortel serut .. Nanti diterusin lagi ya ..mau jemput si kecil nih😉 . Nah sekarang saya terusin ya.. 

Ekkado-ku ini cuma pakai (untuk sekitar 25 buah) :

  • daging ikan tenggiri 400 gr 
  •  daging ayam kurang lebih 300 gr 
  •  wortel serut secukupnya 
  •  bawang putih bubuk secukupnya 
  •  garam secukupnya 
  •  gula sedikit (sebagai pengganti vetsin) 
  •  merica bubuk 
  •  minyak wijen 
  •  1 butir telur ayam 
  •  1 sdm tepung tapioka
  • Beberapa lembar kembang tahu untuk membungkus,
  • serta benang untuk mengikat.

Nggak pakai udang karena udangnya masih beku …hehe … Juga nggak pakai telur puyuh karena di Hamburg nggak ada … Ada sih di toko Asia, tapi dibotolin  :0

Sambalnya saya pakai sambel pecel😀 …

Resep lengkapnya ala Dapur Bunda seperti berikut ini :

SAMBEL EKKADO

Bahan:5 sm saus tomat
2 sm cabe giling/ sambel cap jempol
3 sm mayonnaise
2 sm air jeruk nipis
2 sm gula pasir
½ st garam halus

Cara membuat:Aduk semua bahan jadi satu

Ekado Telur Puyuh
 

Bahan:
Kembang tahu kering, rendam air hingga lunak, potong 10×10 cm
Minyak goreng
10 butir telur puyuh, rebus, kupas

Isi, aduk rata:
150 g udang kupas cincang
100 g daging ayam cincang
1 sdm tepung kanji
1/2 sdt minyak wijen
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam

Cara membuat:

  • Ambil selembar kembang tahu, isi dengan 1 sdm adonan Isi, beri 1 butir telur puyuh. Bulatkan dan ikat kembang tahu dengan benang.
  • Goreng dalam minyak panas dan banyak hingga kuning kecokelatan.
  • Angkat dan tiriskan.
  • Sajikan hangat dengan sambal botolan.Untuk 10 buah
  • SALAD ALA HOKA

    Bahan:

    200 gr kol buang tulangnya iris tipis
    200 gr wortel potong kecil dan panjang, bisa juga menggunakan
    parutan kasar
    100 gr lobak potong kecil dan panjang, bisa juga menggunakan
    parutan kasar
    1 ½ st garam halus
    1 ½ sm gula pasir
    1 ½ sm cuka

    Cara membuat:

    1.. Campur wortel dg 1 st garam, 1 sm gula aduk rata, peras, beri 1 sm cuka
    sisihkan
    2.. Campur lobak dg ½ st garam, ½ sm gula aduk rata, peras, beri ½ sm cuka
    sisihkan

    SAUS SALAD ALA HOKA

    Bahan A:
    2 bt kuning telur
    200 cc salad oil atau minyak goreng
    1 st mustard sauce

    Bahan B:
    3 sm saus tomat
    1 sm simple syrup/syrupgula/ gula tepung
    1 sm air jeruk lemon
    ½ st garam halus
    ¼ st merica

    12 responses

    1. to aisha :
      iya nih lagi rajin ..hehe..biasanya siy malesdotcom ..

      to lina :
      daging tenggiri itu fisch paste yang di toko asia itu lo .. kalo ga salah nama latinnya sih notopterus notopterus (tercantum di labelnya)…

    2. laparrrrrrrr….😀

      Mbak, danke semalam dah dikirim kotaknya ya. Ini dah ngepack2 banyak banget ternyata hihi… Bisa2 kepakai semua tuh mbak, gpp ya?

    3. sama2 mbak, makasihnya sama pak hera aja hehe… Kurang gak mbak put? kalo kurang ntar tak korek2 lagi sisa kardus di rumah, sebenernya masih bisa diringkes kok..

    4. ntar aku link juga ya…

      kayaknya tinggal nambah mie ayamnya nih buat temanyya si pangsit nyaammmm

      liat fotonya aja aku dah ngecess apalagi kalo dikirimin hehehe, taetanggaan aja yuk mbak biar suplaiku terjamin hihihi

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s