Rawon

 

 Bahan :

Daging lebih kurang 800 gram potong kotak kecil2. Seharusnya daging untuk rawon dipilih yang berlemak, tapi saya pakai daging yang hampir tanpa lemak … Nggak berani kalo pakai yang berlemak2🙂 …

Bumbu halus :

Bawang merah 7 butir

Bawang Putih 5 siung

Cabe Merah 2 buah, buang bijinya

Ketumbar 1 sdt

Kencur lebih kurang 4 cm

Kemiri 6 butir

Kunir 2 cm

Terasi 1 sdt

Keluwak 2 blok, rendam air panas  (di Jerman (Toko Indonesia), adanya keluwak sudah dalam bentuk padat), kalau dikonversi ke keluwak segar mungkin kurang lebih 8 buah. Kalau pakai keluwak segar jangan pakai yang masih muda ya, ntar rawonnya jadi pahit.

Garam secukupnya

Bumbu yang dicemplungin :

Daun Jeruk 5 lembar, buang tulang daunnya

Serai 3 batang (keprak)

Air asam Secukupnya

Laos secukupnya (dikeprak)

Daun Salam 3 lembar

Nb: Tambah 2 batang bawang daun untuk ditumis sebelum numis bumbu halus.

Cara membuat :

Tumis bawang daun kemudian masukkan bumbu halus, setelah harum, masukkan daging, aduk2 hingga daging matang. Setelah itu tuangi air untuk kaldunya. Biarkan mendidih. Masukkan bumbu cemplungnya :)…garam, air asem dsb secukupnya. Masak hingga daging empuk. Saya menggunakan panci presto selama kurang lebih 40 menit. Hidangkan dengan pelengkap kerupuk, sambel terasi goreng, serta toge pendek atau ketimun.

Catatan : Rawon lebih enak kalau dimakan keesokan harinya.

13 responses

  1. waaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhh enak…..
    tapi kalo aku bikin rawon kok selalu rada terang ya warnanya…
    padahal sih pengen rawon yang iteeeeeem bgt…bgm caranya ya Mbak…
    ato bumbunya digosongin aja pa ya…biar jd item hehehehehehe…

  2. terimakasih mbak ahirnya saya dapat juga resep ini sudah 2 bulan tanyak kawan2 diindonesia tapi semuanya cuma tahu makan aja.loh kok begok bnget aku ya kan ada internet eeeh jumpa juga resep makanan kesukaanku makasih mbak terus saya print ni

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s