Baso goreng Kuah

Resep aslinya dari Resep Mbak Herti di sini http://www.pbase.com/archiaston/image/58790070 

Saya nggak pakai tahu dan juga nggak pakai udang, cuma pakai  daging ikan tenggiri dan daging dada ayam saja.

Bakso Tahu Goreng Kuah

Bahan bakso tahu goreng:
200 gr daging ikan tenggiri
200 gr daging cincang
200 gr udang
150 gr ayam
1 1/2 sdm saus tiram
1 1/2 sdm kecap ikan
1/2 – 1 sdm minyak wijen
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1 sdt merica
4 sng bawang putih
1 1/2 sdt baking powder (peres)
3 sdm kanji Tani

Kuah:
2 ltr kaldu tulang/daging
4 sng bawang putih
3 sdt garam
1 sdt merica

Pelengkap:
Tahu
Bawang daun, iris
Seledri, iris
Sawi hijau, direbus
Saus sambal

Cara membuat:
Haluskan semua bahan dalam food processor hingga menjadi adonan yang tercampur rata.
Banting2 adonan sebentar (agar kenyal).
Dengan bantuan 2 bh sendok makan, bentuk bulatan2 sesuai selera.
Sebagian masukkan ke dalam tahu yang sudah dikerok bagian tengahnya.
Goreng hingga matang dengan api sedang.

Kuah: Haluskan bawang putih, merica dan garam.
Tumis hingga harum.
Kemudian masukkan ke dalam kaldu.

Sajikan bakso tahu goreng dengan kuah dan pelengkap lainnya.

Sumber: Sedap Sekejap

8 responses

  1. Cepetan..tak tunggu bakso gorengnya, soalnya hari ini aku bikin bakso Malang (blm di pejeng), yg nggak sempet bikin bakso gorengnya. Tinggal nge komplitin nih udah ada bakso daging, tahu isi , wantan isi, pangsit goreng,…tinggal bakso gorengnya nih..hi..hi.

  2. Bu…mau dong baso gorengnya, aku hampir barengan sama mbak Retno bikin baso malangnya cuma sayangg enggak ada baso gorengnya kalo ditambahin baso gorengnya jadi ingett..kayak Baso Malang yang di Maranata sama di mesjid Istiqomah ada baso gorengnya ehmmmm….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s