Rempeyek Kacang

Bahan

Kacang Tanah Mentah, dipotong2

Bawang Putih 2 siung

Ketumbar 1 sdt

Kemiri 3 butir

Kencur kurang lebih seruas ibu jari

Tepung beras lebih  kurang 4 sdm munjung

Santan Encer lebih kurang 400 ml (1 kotak kecil santan cair ditambah air)

Garam sedikit (Santan sudah gurih, jadi garemnya dikiiiiit aja..)

Daun Jeruk, buang tulangnya,  iris halus

Minyak untuk menggoreng

Haluskan bumbu, campurkan santan dan tepung beras,  kemudian campurkan daun jeruk halus. Panaskan minyak, setelah panas, kecilkan api. Ambil 1 sendok sayur adonan peyek, tambahkan kacang secukupnya, kemudian tuangkan ke dalam minyak panas. Biarkan adonan peyek mengambang ke permukaan minyak dan kering. Kalau hasil gorengan terlalu tebal, encerkan lagi adonan dengan air sehingga hasilnya menjadi lebih tipis dan crispy. Kalau ketipisan, adonan ditambah tepung lagi sedikit ..hehe :))

Enak dimakan bareng sama nasi pecel dan tempe goreng …

16 responses

  1. to agga, makasih ya kunjungannya

    to mbak retno, iyo kapan2 tak gawekno tak blonjo kencur karo tepung beras sik yo…entek soale

    to mbak put, kalo enak kok cuma ngambil satu hayoooo…. :))

  2. to dik Dewi sies, hihi … kapan2 tak bikinin ya … kemarin nuhun pisan mie goreng sama bala2nya… hmm enak deh dimakan sama cabe rawit..

  3. Ngambil 2 mbak.. lho gak sadar kan kemarin sambil goreng… Huahaha.. ngambil 2 tuh karena malu euy… dah Bilah nginep, masak ibunya trus ngabisin rempeyek hihi…

  4. Apa ga salah?? :”Tepung beras lebih kurang 4 sdm munjung” kok sedikit amat, yang saya tau untuk 250 gr kacang tanah bisa menghabiskan ± 250gr tepung beras .
    Sebagai pengganti santan kalau ingin renyah bisa diganti telur, tetapi rasa gurihnya bisa berkurang. Terlalu banyak telur juga akan membuat rempeyek trlalu renyak dan gampang “ambyar”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s