Sop Ayam – Chicken Soup

sop ayam

Hari ini ibu nggak bisa banyak bergerak karena si kecil masih belum sembuh benar, masih agak2 rewel, tapi sudah jauh lebih baik dari kemarin2. Tapi ya tetep maunya ditemeni dan dikekep terus.
Jadi begitu si kecil bobok, langsung ibu bergerak secepat kilat tengok2 isi kulkas sambil mikir apa yang bisa dibikin untuk makan siang. Akhirnya …dibikinlah sop ayam ini, cepat dan muda dibuat.

Bahan :
Dada ayam 1 buah
Telur 2 buah
Bawang bombay 1 buah
Bawang Putih 2 siung
Mentega untuk menumis
Sayur2 yang ada di kulkas spt wortel, brokoli, buncis, jagung manis, kentang dsb, potong2.
Bubuk Pala sedikit, diparut dari pala utuh.
Merica bubuk secukupnya
Garam secukupnya

Cara membuat :
Rebus dada ayam dalam air kurang lebih 1 liter hingga matang. Tumis bawang bombay dan bawang putih yang diiris kasar dengan mentega, masukkan ke dalam air kaldu. Potong ayam kecil2 dan rebus kembali dengan api kecil. Tambahkan pala, merica, dan garam secukupnya. Masukkan potongan kentang, kemudian wortel, terakhir baru brokoli. Bisa juga ditambahkan kocokan telur bila suka.

10 responses

  1. katanya, kalo bikin soup ayam, kaldunya ganti kaldu blok aroma ayam atau sekalian kaldu sapi, coz klo kaldu lsg .. sopnya amis.. apa bener itu ?

  2. sebaiknya kalau bikin kaldu, kulit sama lemak ayam nya dihilangkan dulu mbak … terus diberi tambahan bawang bombay, dan bawang putih tumis, serta bubuk pala yang masih segar, akan membuat kaldunya nggak amis lagi deh … ini pengalaman saya sih .. Kalau mau lebih enak lagi bisa ditambah campuran daun seledri.

  3. Wah, klo dah berdasarkan “pengalaman… ” aku percaya deh…
    dah kartu As tuh..
    klo dah ada jamian gini kan, berani coba…
    tar hasil siap dilaporkan..

    sieeeeeeeep !!!

  4. hai mbak.
    saat ini saya lagi tinggal di jerman untuk sementara waktu. karena keluarga yang lain ga makan nasi tapi kentang, ada ide ga ya masakan vegetarian indonesia yang bisa dikombinasikan dengan mashed potatoes ato lainnya??

    makasi lo sebelumnya…

  5. hai mbak.
    saat ini saya lagi tinggal di jerman untuk sementara waktu. karena keluarga yang lain ga makan nasi tapi kentang, ada ide ga ya masakan vegetarian indonesia yang bisa dikombinasikan dengan mashed potatoes ato lainnya??

  6. Payday loans for a bad credit score support the employees in order to their previous bills that they could be
    known as unhealthy credit standing. The amounts from
    the payday loans that people submit an application for are reduced in comparison
    with other loans because of legal reasons.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s