Cream Horn

resepnya menyusul ya… tapi bener deh ..kue ini gampang bikinnya

Belajar bikin kue ini dari tetanggaku mbak Yul.. bedanya kalo bikinan Mbak Yul bisa rapi ..lha kalau aku, masih belum mulus bener .. Pokoknya kalo disuruh bikin kue yg perlu ketrampilan motorik halus nyerah dah aku..

Kue ini ada yg nyebut juga dg cuncum, kalo di jerman disebut sahne rolle

Bahan untuk kulit / contong :

Kulit pastry potong memanjang dengan lebar sesuai keinginan

Kuning telur utk olesan

Gula pasir utk taburan

Cetakan kerucut (kt suhunya, beli di Pasar Baru Bdg, sedang aku beli di ebay jerman)

Lilitkan kulit pastry di cetakan kerucut, dg posisi lilitan berikutnya sedikt menindih lilitan sebelumnya. Bila lilitan kurang, bisa disambung dg lilitan berikutnya. Olesi satu sisi dg kuning telur, kemudian taburi gula. Sebaiknya sambungan menghadap sisi bawah untuk mencegah terbukanya/berlubangnya  contong waktu dipanggang. Panggang kulit dg suhu 180 derajat hingga kering dan kecoklatan. Segera lepaskan dari cetakan dan dinginkan.

Untuk isi saya gunakan vanila cream yg bisa divariasikan dg aroma rum, kopi (moka), atau coklat.

Bahan vanila cream

- susu 500 ml

- 1 pak kecil gula vanila (utk aroma vanila)

- kuning telur 3 butir

- gula 120 gr

- tepung maizena 40 gr        

Rebus susu dan gula vanila. Kocok telur – gula- hingga larut dan tercampur rata.kemudian masukkan tepung maizena (Adonan1). Aduk hingga menyatu. Susu yang telah mendidh langsung dituang ke adonan 1. Aduk hingga mengental.

Untuk aroma rum ,tambahkan 1 sdt esens rum ke dlm adonan di atas.

Untuk aroma kopi, campurkan 2 sdt kopi instan pd saat merebus susu

Untuk rasa coklat, tambahkan coklat cincang 120 gr ke dlm adonan di atas pada saat masih panas, hingga coklat meleleh dan tercampur.

Masukkan adonan isi ke dlm contong dg menggunakan sendok atau spuit.

 

About these ads

13 responses

  1. Wadawww, jadi ngeces gini nih daku. Ditunggu yah resepnya, danke im Voraus. Sip, nanti insha Allah salamnya disampaikan. Mengenai PM di MP gpp kok .. hehehe. Lagian dulu pas Nug mau pulkam juga, jadi gak bisa ketemuan. Insha Allah lain kali kopdarannya yah, dah lama jg gak ke Hamburg lagi :).

  2. to tira linae durin , danke ucapannya ya …alles gute zum muttertag juga buat kelyan …
    to tira ..katanya sih bisa diakalin pakai alu folie …tapi tepatnya gimana aku ga tau … ya kira2 sendiri dah hehe ..

  3. Hallo Nug, oke deh entar ku coba pake alu folie … Thks yah utk jawabannya :).
    Gara2 tonggo ku crita cacingan aku jadi paranoid sendiri. Kepengen minum obat cacing deh, siapa tahu aku jg cacingan *-*.

  4. Katanya cewek Brazil seksi2 yah Nug. Gimana nih laporan pandangan matanya? Aku dulu punya temen kursus orang Brazil, seksi banget kalau pake baju. Walaupun winter, tetep aja bajunya ketat2 … hehe. Aahh jadi kangen sama dia, dah lama bgt aku gak ketemu. Kehilangan kontakkkk lagi .. sigh.

  5. wah…wah…. enak nih kue cream horn klo dinikmati pas sedang dingin -dingin begini bareng teh anget yam …yam…yam aduh jadi giler nihu sampai lidah rasanya bergetar-getar lo. oya dimana klo mau beli cetakan ku cream horn mba?

  6. Wah ini kue yang saya ingin sekali bisa tapi kalau kulit pastrynya beli ya udah bisa, pingin yang buat kulit pastrynya … siapa ya yang bisa buat .????? tolong donk donk kasih tahu saya …………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s