Cireng

Bahan :

Tepung tapioka sekitar 400 gram

Garam secukupnya

Merica bubuk secukupnya

Bawang putih bubuk secukupnya (atau bawang putih yg dihaluskan dan ditumis sebentar)

Seledri cincang dan bawang daun cincang secukupnya

Air panas sekitar 200 ml.

Cara :

Campur tepung tapioka dengan bumbu garam, merica, bawang putih bubuk,  daun seledri , dan daun bawang hingga rata. Tuang air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan bisa dipulung dan dibentuk. Goreng hingga kecoklatan dengan api sedang.

Umumnya sih diisi dengan bumbu pecel atau sambal oncom.

About these ads

29 responses

  1. to bella, maaf telat menjawab. Tepung tapioka itu dibuat dari singkong, sedang tepung maizena dari jagung. Saya juga dulu ga bisa bedain tepung2an kok … baru sekarang2 aja setelah wajib masuk dapur :D

  2. salam kenal ya mbak, seneng deh bisa ketemu resep cireng disini, hbs udah experimen 5x gagal terus bikin cireng, yg ga bs dipulunglah, yg keenceranlah, yg keras bangetlah, uuuhh susah, ntar mau coba lg ah smg berhasil bikin cireng biar suami senang (soalnya suami orang sunda and sukanya cireng hehe)

  3. salam kenal mbak, untuk mbak fitri, klo tipsku, biar pas kalisnya, pertama, tepung tapioka disiram air panas sampai jadi adonan yg kentel, trus sedikit demi sedikit tambah tepung lagi, sampe jadi adonan yg kalis, bisa dipulung. Insya Allah jadi deh.. Hidup cireng!!!

  4. hmmmm..,ikutan mampir mba…

    saya pernah nyoba sekali, tapi kayaknya terlalu encere..jadinya lengket banget. Maklum gak ada resep, cuma pernah liat orang bikin aja..

    Nah..ini ada resepnya…mau coba ahhh :)

    thanks ya mba

  5. halo mba ..iseng liat profile mba …
    boleh nanya ga ,,,mba tinggal di jerman ?

    kalo tepung untuk bikin cireng di jermn apa yah namanya …
    aku pake tepung tapioka tapi ga berhasil hasilnya keras dan ga enak …dulu pernah nemu tepung nya dan buat pun hasilnya bagus ..tapi lupa namanya apa ..

    boleh infona mba …

    salam,
    christy

  6. Mba,, aq dah coba resep dr mba. Tp hasil’a gagal. Y bru pertama coba ci. .. Jd pas aq bikin adonannya tuh keras lalu q tambahin air tp malah jd ke enceran,lalu q tambahin tepungnya lgi. Tp pas mw d bentuk ko ga bisa y mba,awalnya keras tapi lama2 jd ngencerin gt, jd g bisa d bentuk deh. Tolong tips2nya y mba. Aq suka bgd cireng,mw bisa bwt sendiri. Tolong aq y mba.. .

  7. Gimana cara bikin cireng yang transparan ya? Dulu cireng2nya bisa pandang tembus kaya kaca, kok sekarang putih susu warnanya?

    tips nya dongk’

  8. Pingback: Cireng « Blog Archive « Greenypink's Blog

  9. ikut bagi cerita yaw…
    barusan q bwt cireng,tp pas di goreng malah jd kaya kerupuk,
    ga kenyal gt,,
    trz q bka resep disini deh,,
    mksich yaw,,tips nya,,,
    bsok mo bikin lg aacchhh,,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s