Lontong Sayur

Bahan (kira2 untuk 10 porsi) :

Daging 500 gr, potong kecil-kecil

Nangka muda kaleng 2 buah, potong2

Kacang Panjang, potong2 (Saya pakai buncis yang kecil)

Lontong (siap pakai)

Santan 2 dus kecil (atau bisa juga sebagian diganti susu)

Bumbu halus :

Kemiri 3 butir

Bawang Merah 6 butir

Bawang Putih 4 siung

Cabe Merah 2 buah atau lebih tergantung pedasnya (buang bijinya)

Kunyit 1 cm, optional

Ebi atau Terasi  setengah  sdt

Garam secukupnya

Gula secukupnya

Bumbu lainnya :

Daun Salam 3 lembar

Laos 3 cm

Serai 1 batang

Cara Membuat :

Rebus daging,  

Haluskan bumbu halus, tumis bersamaan dg laos, salam, dan serai hingga harum, masukkan dalam rebusan daging.

Masukkan nangka muda, santan, gula, garam. Rebus atau gunakan panci tekan hingga daging empuk.

Terakhir masukkan kacang panjang, rebus lagi hingga kacang panjang layu.

Hidangkan bersama lontong dan pelengkap kerupuk. 

About these ads

20 responses

  1. Ntar kalau saya dah di Bandung, lontong sayur tinggal beli di pinggir jalan atau di Gasibu mbak… hihihi… Ntar saya pajang fotonya ya seakan2 bikin sendiri :D

  2. walah…lontong sayur, lontong siap pakai yg kek gimana mbak? ada yg jualan kah?
    wah, enak to mbak di Hamburg, urusan dapur kekna komplet gitu :D kalo aku pengen tempe aja kudu lari ke frankfurt am, kalo ga ke holland *hiks*

  3. to linae, maksudnya siap pakai tu lontongnya udah jadi ..udah direbus duluan, aku pakainya ya beras kochbeutel dari aldi ..hehe ..
    Kalau masaknya bareng sama sayurnya…entar pas sayurnya mateng, lontongnya belum keras dunk..

  4. aduh mbak aku lagi ngidam lontong sayur !!! tapi mo beli dimana di jepang sini :( mau bikin juga bumbu2nya susah di dapat :( , apalagi setelah lihat lontong sayur bikinan mbak, tambah ngeces aja deh :( mudah2an anakku kelak nggak ngeces hehehe

  5. bumbunya susah ya? kalau nggak ada nggak usah pakai serai ama kemiri …bawang merahnya diganti bawang bombay.. Kunyit ga usah pakai … tapi laos sama salam mah sebaiknya tetep harus dipakai…Moga2 ngecesnya terobati :D

  6. oh iya satu lagi gimana bikin lontong biar ngga gagal ya mbak ? tiap aku bikin lontong pasti gagal, aku kalo bikin, aku masak di panci berasnya truss airnya dimasakin tapi ujungn2nya gagal lagii gagal lagi, sedih deh :(

  7. wah kalau soal lontong aku nggak begitu ngerti euy..
    Di sini, lontongnya dibikin dari beras yang di dalam kantung2 plastik itu lo (kantungnya ada lubang kecil2nya)..
    Jadi tinggal ngrebus sampai kurang lebih 2 jam (harus kerendem air), kalau airnya menyusut, tambah lagi (sebaiknya air panas), kemudian setelah kelihatan padat, diangkat dan diangin-anginkan. Setelah dingin, baru dipotong2 gicu…

  8. wah baru tahu ternyata nangka mudanya dijual di kaleng :)
    mbak numpang tanya lagi….maksudnya beras kochbeutel itu beras yg dijual di dalam kochbeutel ya?
    tadi aku coba2 cari di LIDL ada yg merek uncle bean.. bener gak ya? ragu2 jadi blm beli hheheh
    makasih ya mbak sudah dijawab :)

  9. iya bener mbak, berasnya yang di kochbeutel … jadi gampang tinggal direbus sampai nasinya padat, udah jadi deh lontongnya..
    Kalau saya sih biasa pakai yang di Aldi merk Bon Ri .. kalau yang di Lidl saya nggak pernah coba … tapi asal bentuk berasnya panjang2, biasanya sih jadi lontongnya …

  10. Makasih banget mbak tips tentang lontongnya, dan senengnya ternyata di jepang ada toko indonesia online :) aku udah pesen bahan2nya mbak, skrg mo cari plastik dulu nih buat bikin lontong hehehe, udah kelamaan nih ngidamnya :D mudah2an si kecil ntar nggak ngeces hehehe

  11. @mommy to be: lontong kalo pake plastik rasanya kurang nikmat looh. kurang kerasa “indo” nya. hehehe..
    enaknya dibikin kayak ketupat. berasnya diisi +- setengah sampe 3/4. direbus dalam air mendidih selama 2jam, trus diangin2kan.
    eh disana ga ada daun kelapa atw daun pisang yah? kalo disini tinggal tebang dibelakang rumah. hehehe… :P

  12. vandai : hahaha mo cari daun bikin ketupat dimana aku disini hahaha, kalo daun pisang juga nggak ada jual, tapi karna kebetulan skrg lagi musim panas ada di suatu jalan aku lihat pohon pisang, jadi pengen nyomot aja pohon pisangnya hahaha, sayangnya tumbuh di jalan, jadi nggak tau siapa yang punya, kalau itu di halaman orang mungkin aku sksd aja minta hihihi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s