Dendeng Ragi

Dari Resep Dapur Bunda :

ENDENG RAGI

Lintang

BAHAN    :
750 gram daging yang tidak berlemak
1 butir kelapa sedang (atawa kelapa parut tea nya)
1/2 jari lengkuas, dimemarkan
1 lbr daun salam
1 btg serai, memarkan
300cc air
3 sdm minyak goreng (klo saya sih suka dilebihin dikit minyaknya)
Bumbu yang dihaluskan:
7 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 sdt ketumbar
3 btr kemiri
50 gr gula jawa
sedikit asam jawa
garam secukupnya

Bikinnya:
Potong daging tipis2 seperti dendeng (tapi klo saya mah biasanya motongnya gak tipis2, takut ancur nantinya, ya sedeng2 aja lah, sesuaikan dengan kehendak hati nurani)
Campurkan kelapa parut, daging, bumbu halus serta lengkuas, daun salam dan serai.
Tambahkan air kemudian masak di atas api kecil sambil diaduk2 (klo saya sih krn males ngaduk sejak awal, ngirit tenaga buat nanti, pas airnya masih banyak mah gak pernah diaduk, biarin aja sampai dagingnya agak2 empuk. Mun dagingnya belum empuk tambahin aja lagi air panas, berapa kalinya tergantung derajat keempukan yang diinginkan, tapi jangan sampe terlalu empuk)
Sesudah air mengering, tuangkan minyak goreng, masak sampai kelapa berwarna kuning kemerah2an dan daging empuk. Nah di sinilah proses mendayung di mulai, terus dayung sampe derajat kekeringan yang diinginkan.
Catatan redaksi: resep telah diuji coba di dapur ibuhanif.

About these ads

8 responses

  1. to mbak marlin, sabar ya mbak ..nanti malem tak tulis deh resepnya :))

    to linae, bikin dong lin…gampang kok.. yang penting harus kuat ngaduk..hehe

  2. aduh yang ini juga bikin ngiler nih hehehe, tapi nggak tau dimana bisa dapatin kelapa utuh, yang ada juga dijual santan kelapa disini :(

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s