Balado Ikan Asin

 

Gara2 dulu jaman kuliah sempet bertahun2 satu kontrakan rumah sama temen2 asal Minang, makanya jadi demen balado2an. 

Ikan asin dipotong2 sesuai keinginan, siram air panas, goreng kering. Saya sih pakainya ikan anchovy kering yang agak besar, jadi nggak dipotong2 lagi.

Bumbu baladonya cuma tomat 2 buah (ukuran kecil), bawang bombay 1 buah, cabe merah 3 atau 4 buah, dihaluskan kemudian ditumis.

Bumbui garam secukupnya, tambahkan air jeruk nipis kira2 dari setengah buah jeruk nipis/lemon. Aduk-aduk bumbu balado hingga agak kering, setelah itu baru dicampurkan dengan ikan asin goreng.

Enak dimakan sama sayur lodeh dan nasi anget :)

About these ads

6 responses

  1. hmmm lekker… :D

    Lagi terserang penyakit males masak euy .. eh males motret juga hihi… jd belum berekperiment lagi. Kemarin bikin tahu petis, cuma gak dipotret… bumbunya resepnya mbak Dewi. Eh si Bilah suka jg bumbu kacang&petisnya dicolek pakai kerupuk :D

  2. wah jadi pengen mencoba dunia perpetisan kembali… dulu ga gitu berani nyoba gara2 pernah alergi petis pas abis makan …padahal dulu2 ga alergi lo …

  3. Wah mau dong balada eh…balado ikan asinnya, aku jarang masak ikan asin soalnya kasian si bapak yg lagi mengurangi yg asin2..nanti ngiler kepengen. Ceritanya nanti menyusul ya..urusan dapur prioritas..he..he.

  4. to mbak retno : bikinnya sama makannya pas bapake ngantor mbak.. dadi mung kari ambune hehe… :D

    to linae : silakan lin.. kueche mu juga tak link ya …;)

  5. saya sempat curiga mbak orang minang hehehe ( aku orang minang ) karna masakannya kok banyak balado baladonya :p ternyata temen2 kost nya pada orang minang toh, iya orang minang kalo makan nggak balado nggak seru hahaha, aku waktu pulang ke indonesia balik2 bawa cabe banyak banget ke sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s