Roti Unyil

 

Kepengen coba2 bikin roti kaya Mbak Muti … terus cari resep roti di internet… nemu resep roti unyil (yang manis) di sini http://krisd.multiply.com/recipes?&=&page_start=250  …Makasih ya udah share …

Mengingat dua dari tiga anakku tergolong susah makan maka rotinya dibuat kecil alias unyil bener biar makannya nggak nyisa. Kalau rotinya gede dan nggak habis…ibunya nih yang refot, jadi kepaksa ngabisin sisanya.

Resep dasar roti unyil manis

Category:     Appetizers & Snacks
Style:     Other
Servings:     95 bh

Description:
Ini roti mungil seperti yang di Bogor itu

Ingredients:
350 gram tepung terigu protein tinggi
150 gram tepung terigu protein sedang
125 gram gula pasir
3 kuning telur
1 bungkus ragi instan
1/2 sendok teh garam
275 ml air
100 gram margarin atau shortening

Directions:
1.Campur tepung terigu yang telah diayak, gula, air, kuning telur, dan garam sampai gula larut.
2.Tambahkan ragi instan ke dalam tepung. Aduk rata lalu tuangkan campuran air sambil diuleni hingga kalis.
3.Masukkan margarin dan uleni lagi sampai lembut dan elastis. Diamkan adonan 30 menit. Kempiskan adonan dengan cara meninjunya lalu timbang masing-masing 10 gram. Adonan siap diisi dan dibentuk

Berhubung ini pengalaman pertama bikin roti, bentuknya masih acak adut ya.. Itu kejunya dikasih belakangan jadi masih leleh gitu hehe… tapi biar penampilannya gitu, rasanya alhamdulillah enak kok .

O ya modifikasiku adalah : tidak langsung mencampurkan ragi ke tepung tapi dicampurkan ke air yang dihangatkan dulu ..

Tepungnya juga nggak tau jenis apaan, nggak dibeda2in.. pokoknya yang beli di Aldi tea.

O ya roti unyil ini aku isi sama pisang keju dan salami … 

Sisa putih telurnya, iseng2 dikocok sama gula dan coklat ovaltin, setelah kecampur rata, tambah sedikit mentega, baking soda, sama sedikit terigu.Kocok lagi sehingga adonan jadi sekental krim yang untuk menghias kue tart. Sendoki dan taruh di atas back papier, panggang sekitar 20 menit, matikan oven dan diamkan kue beberapa saat tetap dalam oven …eh jadinya knackig dan rasanya kaya russisch brot.. Sebenernya sih tadinya pengen dibikin kue lidah kucing, tapi putih telurnya udah kepalang dicampur gula duluan sebelum dikocok …jadinya malah bikin russisch brot hehe .. Malah anak2 lebih suka yang ini drpd rotinya .. :D

 

About these ads

18 responses

  1. Lho.. kok sehati coba bikin roti lagi :D
    Ini nyobain pakai Hefe kering kok gak ngembang ya mbak? Pdhl dah diangetin pakai oven 50°C sesuai sarang mbak Dewi :( Yg lalu pakai frisches Hefe kok cepet banget ngembangnya. Gak tahu tuh jd roti apa nggak :D

    btw.. tepung serat tinggi itu dibedain kodenya mbak. Yg serat tinggi itu yg ada tulisannya 550 (ini cari dibagian tepung2 yg buat roti), kalau yg rendah 450 (yg biasa dijual)

  2. sebentar…sebentar….punya banyak blog gini, bisa apal semua toh passwordnya? hue he he he… Blogku yo akeh, tak urus maneh ah. Kesihan nganggur.

    Asyik ada resepnya. Selama ini ke blog photo photo itu cuman bisa ngiler thok. Tengkyu ya, Jeung. Itu link di sebelah juga ok buat referensi.

  3. Mbak, sy br belajar bkn roti, Alhamdullilah liat resep ini. Yg sy mo tanya modifikasi mbak yg ragi di campur air hgt, itu yg airnya 275 ml (ada diresep) atau tambah air sedikit. Atau 275 ml dibg 2. Kl bkn roti air yg digunakan panas atau dingin? Terimaksh

  4. wah enak nih kayaknya..ini pake tangan apa mixer mbak? kalo pake tangan kira-kira berapa lama nguleninya sampe kalis??soalnya aku juga pengen nyoba nih,tapi gak punya mixer yang khusus roti.

  5. salam kenal ya mbak..mbak, ini bikinnya pake mixer khusus roti ato pake tangan?? sebab aku pengen bikin tapi gak punya mixer khusus roti. kalo pake tangan, nguleninya kira-kira berapa menit??pake dibanting-banting gitu ya mbbak??

  6. pertnyaannya syarifah kok blm ada respon, pertanyyaku jg sama, aq bkn roti scra manual pake tangan hasilnya bisa ngembang, empuk, tp seratnya gak bisa halussss, cpt keras, dua hari dah keras,…kl pengen seratnya halusss itu mmng hrs dimixer tho ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s